Distinguish Factor

Ten differences between Generation X and Generation Y employees

Recruitment is an ever changing landscape, and with demographics continually changing it makes for some interesting recruiting strategies going forward. The early Baby Boomers (defined as being born between 1946 to 1964, and aged between 43-61) are now starting to retire, and as recruiters we are now having to put more of a focus on Generation X-ers (defined as being born between 1965 to 1979, and aged between 28-42) and Generation Y-ers (defined as being born between 1980 and 1984, and aged between 13-27).
But to recruit and retain people from these two generations, then we surely need to understand what makes them tick in a working environment. Krista Third of Tamm Communications has noted ten different workplace differences between the X and Y generations that we should all take note of:
1. Preferred style of leadership
  • – only competent leaders will do
  • Y – collaboration with management is expected
2. Value of Experience
  • X – don’t tell me where you have been, show me what you know
  • Y – experience is irrelevant, as the world is changing so fast
3. Autonomy
  • X – give them direction, and then leave them to it
  • Y – questions, questions, questions
4. Feedback
  • – expect regular feedback
  • – need constant and immediate feedback
5. Rewards
  • X – freedom is the ultimate reward
  • Y – money talks
6. Training
  • X – want to continually learn, if they don’t they will leave
  • Y – still in an exam driven mentality
7. Work Hours
  • X – do their work and go home
  • Y – will work as long as needed …or until they get bored
8. Work Life Balance
  • X – they want to enjoy life to the full, while they are young enough to do so
  • Y – their lives are busy – they need alot of ‘me’ time
9. Loyalty
  • X – they are committed as everyone else working there
  • Y – already working out their exit strategy
10. Meaning of Money
  • X – it gives freedom and independence
  • – just something that allows them to maintain their lifestyle

Phrase in English

1. Singing from the same hymn sheet = If people are singing from the same hymn sheet, they are expressing the same opinions in public.
example : my brother and me have a same opinion about the politics in Indonesia as Singing from the same hymn sheet.

2. Talk the talk, walk the walk = you say you can do something, you can do what you say you can do.
example : if you’re going to talk the talk, you’ve got to walk the walk

3. The elephant in the room = An elephant in the room is a problem that everyone knows very well but no one talks about because it is taboo, embarrassing, etc.
example : When I had dinner with my parents, the elephant in the room was the fact that I’m 45 years old and still single.

4. Pass to the monkey = loss or be sneaky
example : Successful entrepreneurs see it pass to the monkey because its stock price broken down.

5. All hands to the deck = Something that you say when everyone’s help is needed, especially to do a lot of work in a short amount of time
example : all of Indonesia’s national army must help each other to defeat the enemy before it adds a lot to all hands on deck in war

Major obstacles and expectation

My obstacle in learning English

  1. Dfficulty in understanding the meaning of english vocabulary
  2. Difficulty in speaking English
  3. Difficulty in understanding English grammar
  4. Not yet active in the English-language daily activities

My expectation in learning English

  1. Better understand the English language better
  2. Actively speak english in daily activities or certain times
  3. Continue to improve the quality of English language in my own
  4. Fluent in the English language so they can better interact with the whole wide world

My first experience dealing with english

My first experience in learning English actually a little bit of difficultyin language vocabulary. But I am very interested in English because English is the language of the world’s liaison. Moreover, English is now a full role in the world. So it is important to us bias speaking and writing English.

The first learning is fun. But here I am getting increasinglyexperiencing difficulties in English. Primarily on the words in the English language since the first word in the English language has many different meanings bias unlike the Indonesian language.

And again in English grammar and a lot less complicated in my opinion. Maybe in because of infrequent use English in everydaylanguage so it is rather difficult to be able to develop my english.Especially in speaking in English. So still a bit difficult for me to speak English correctly.

Sahabat Aneh

Pulang kampung setelah lima tahun di rantau menuntut ilmu, memberi warna tersendiri dalam hati. Dengan mengantongi ijazah sarjana,

Khairul Huda, Pulang kampung setelah lima tahun di rantau menuntut ilmu, memberi warna tersendiri dalam hati. Dengan mengantongi ijazah sarjana, aku melangkah tegap menuju bus yang akan membawaku ke Doro, sebuah kota kecamatan kecil 20 km di sebelah selatan Pekalongan.

Bus Binatur yang kutumpangi berjalan lambat keluar terminal. Tidak hanya sekali dua bus berhenti untuk menaik-turunkan penumpang. Bahkan beberapa kali bus malah berjalan mundur, masuk ke jalan desa, menjemput penumpang yang hampir terlewat.

Sampai di perempatan Karangdadap langit gelap. Sesaat kemudian turun hujan. Kuedarkan pandang ke luar jendela. Lewat kaca bus yang buram, kulihat butiran mutiara itu berlomba turun menjejak ke bumi. Banyak rumah baru berdiri di sepanjang pundak jalan yang tidak seberapa luas.

Sejam kemudian, tepat pukul 12.00 siang, bus sampai di depan Pasar Doro. Di kota kecil ini tak ada terminal bus, yang ada hanyalah terminal colt angkutan pedesaan. Itu pun tak seluruh colt masuk ke terminal. Banyak di antaranya yang nge-tem di depan pasar sebelah barat, berbaur jadi satu dengan bus yang akan datang.

“Masih seperti dulu,” gumamku membatin, ketika melihat sebuah colt jurusan Karanganyar berangkat. Ya, masih seperti dulu. Colt berangkat dengan penumpang yang berjejal sesak. Dari belakang yang terlihat jajaran orang bergelantungan rapat membentuk teralis menutupi bagian belakang mobil. Dan kalau belum mendapat penumpang yang rapat seperti itu, colt memang belum mau berangkat. Padahal itu sungguh membahayakan keselamatan penumpang.

Aku menarik napas untuk melonggarkan dadaku yang sesak. Dengan jilbabku yang bersih ini, aku pun akan berimpit seperti mereka. Berdesak dengan orang, barang belanjaan, dan ayam. Sudah tercium olehku keringat bercampur kubis busuk, tai ayam, dan aroma parfum yang tajam menusuk. Seperti itulah kalau perjalanan kita lekas sampai, karena jumlah angkutan di sini sangat terbatas.

Colt jurusan Lemahabang yang kutumpangi hampir penuh. Beruntung aku mendapat tempat duduk di depan, di ruang kemudi. Meski sesak juga, tapi tak separah seperti duduk di belakang. Lumayanlah. Tapi harap diingat, mendapat tempat duduk di ruang sopir, harus berani membayar lebih, karena lebih nyaman, maka ruang sopir ini banyak diperebutkan.

Calo sudah memintai ongkos para penumpang. Berarti colt sudah penuh dan siap berangkat. Aku bernapas lega.

Pak sopir masuk ruang kemudi, lalu menghidupkan mesin. Saat itu melintas sebuah bayangan yang sudah sangat kukenal, di depan colt. Aku masih mengingatnya dengan baik, itu adalah bayangan Silva, taman sekampung, teman masa kecil, teman sepermainanku dulu. Kalau ia mau pulang, kenapa tidak naik colt ini? Dorongan rasa kangen pada sahabat telah mengalahkan kepentinganku untuk cepat-cepat sampai di rumah.

“Sebentar, Pak Sopir,” pintaku pada sopir yang sudah memasukan perseneling ke gigi satu. Lalu begitu saja aku turun dari mobil, mengejar Silva.

Terdengar teriakan sopir di belakang, “Cepat, Dik!”

Sekilas aku menoleh seraya melambaikan tangan menyuruhnya pergi. Sopir maklum, colt itu pun berangkat.

Aku berhasil mengejar Silva. Kujajari langkahnya.

“Mau kemana?” tanyaku.

Silva menoleh, tersenyum. Wajah dan bibirnya tampak pucat, tapi kakinya melangkah ke arah timur.

“Mestinya kamu bersama saya naik colt yang tadi. Kamu sudah tahu kan, selepas colt tadi belum tentu ada colt berikutnya yang bisa membawa kita pulang? Sudah siang begini tak ada lagi orang berpergian. Anak sekolah dan ibu-ibu yang belanja sudah pada pulang. Kita pertaruhkan pada nasib baik untuk bisa pulang hari ini.”

Silva tak berkomentar. Kucoba menggandeng tangannya. Dingin. “Kamu sakit? Mau periksa? Okelah, aku menemanimu.”

Melewati sebuah jembatan kecil, Silva belok ke kiri.

“Lho, kalau mau periksa ke tempat dr. Lestari, beloknya ke kanan, dong?!” protesku. Silva tak menanggapi protesku. Ia terus saja melangkah.

“Baiklah, kuikuti kamu,” kataku, menyerah. “Seandainya nanti tidak mendapat colt pulang, toh ada kamu. Kita bisa pulang jalan kaki bersama.

Kami lewat di depan KUA. Ke utara sedikit, ada masjid di sisi barat jalan, menghadap ke timur. Silva membelokkan langkahnya ke sana.

“Oh, kamu mengajakku salat dulu? Baiklah. Sekarang memang sudah hampir jam satu,” kataku, setelah melirik arloji di pergelangan tanganku.

Aku mendahului Silva melepas sepatu, terus ke kamar kecil. Setelah itu mengambil wudhu dan salat Zuhur lebih dahulu, karena Silva tak tampak bayangannya. Kupikir ia sedang berada di kamar kecil.

Kemana sih, dia? Diikuti kok malah menghilang? gerutuku sendirian, sambil mengenakan sepatu bersiap meninggalkan masjid.

Aku kembali ke depan pasar mencari angkutan. Suatu kebetulan, ada serombongan orang yang hendak berziarah ke makam Syeh Siti Jenar di Lemahabang. Mereka mendapatkan colt dan aku mengikuti saja. Tampaknya rombongan itu membayar lebih, sehingga tak usah menunggu penumpang berdesak. Alhamdulillah.

Mobil yang kami tumpangi bergerak ke arah barat setengah kilo, lalu berbelok ke selatan. Dan mulailah perjalanan yang penuh risiko. Karena colt mesti melewati jalan berbatu tidak rata, dengan medan yang terus menanjak. Badan colt bergerak seperti layaknya tubuh mentok. Merangkak tertatih, megal-megol, oleng ke kiri dan ke kanan, kepalanya mengangguk-angguk.

Setelah lepas empat puluh lima menit, colt yang sudah bergerak pelan, terasa semakin memperlambat lajunya. Kami saling bertatapan. Ada apa? Serentak kami arahkan pandangan ke depan. Ada sekerumunan orang memenuhi jalan di depan. Colt berhenti. Kami turun untuk mencari tahu.

Ternyata ada colt jatuh ke jurang! Sebagian penumpangnya tewas, sebagian yang lain luka-luka. Mereka sedang dievakuasi. Dan itu adalah colt yang hendak kutumpangi tadi, tapi tidak jadi!

Aku tertunduk lemas. Tak henti-hentinya kusebut kebesaran nama-Nya. Pandanganku yang kabur oleh airmata, menangkap tubuh-tubuh yang berlumpur dan berlumur darah terkulai. Pecahan kaca yang berserakan. Mobil yang ringsek. Wajah-wajah yang basah oleh airmata. Telingaku menangkap raungan tangis tak beraturan dari mereka yang masih bisa menagis. Allah Mahabesar.

“Dik, naik lagi. Kita teruskan perjalanan,” kata sebuah suara.

Kuusap mataku dengan punggung tangan. Tanpa suara kuikuti laki-laki yang berkata tadi. Lalu kami masuk kembali ke colt untuk meneruskan perjalanan.

Begitu sampai di rumah, setengah berlari aku menuju ke rumah Silva. Dia sendiri yang membukakan pintu. Serentak melihat bayangannya, langsung kutubruk dan kupeluk ia. Tangisku pun tumpah di pundaknya.

Silva balas memeluk.

“Tenanglah…,” bisiknya lembut dekat telingaku. Dipapahnya tubuhku menuju ke kamarnya. Setelah meminum air putih pemberian Silva, aku sedikit lebih tenang. Lalu kuceritakan semua kepadanya. Tentang pertemuanku dengannya di depan pasar. Tentang salatku di masjid. Juga tentang colt yang tak jadi kutumpangi dan ternyata mendapat kecelakaan…

“Kuminta jawablah pertanyaanku dengan jujur. Di mana saja kamu seharian ini?”

“Seharian ini aku hanya di rumah, tidak pergi ke mana-mana. Sungguh! Kalau tak percaya, tanya Ibu,”kata Silva, serius. “Sejak pagi sampai menjelang Zuhur, aku di sawah bersama Ibu, matun padi. Pulang dari sawah aku mampir ke pancuran, bersih-bersih sekalian ambil air wudhu. Setelah salat dan makan, istirahat sambil membaca-baca. Lalu kamu datang,” jalas Silva runut.

“Aku percaya. Lantas, siapa gadis mirip kamu yang kutemukan di depan pasar?”

Kami saling berdiam diri, digayuti oleh pikiran masing-masing.

Dan aku percaya, Allah memang sengaja menyelamatkanku dengan cara-Nya sendiri. Terima kasih, ya Allah, atas pertolongan-Mu. Tak henti-hentinya kusebut nama-Nya.

10 Tips Mudah Tuk Menabung

https://i2.wp.com/www.sacramentoexecutive.com/images/piggy-bank-large.jpg
Menabung…huh dari dulu hingga sekarang susah sekali untuk menabung, ada saja keperluan yang mendadak atau pengen beli… Kalau sudah begitu terpakasa deh pecahkan Celengan Semar.. GUBRAKK!!.. 🙂

Menurut orang yang ahli dibidangnya dan sering melakukan survey bahwa Kebiasaan menabung orang Indonesia ternyata dari tahun ke tahun tidak berubah. Hanya 47 persen orang Indonesia yang sudah mulai menabung, serta hanya 29 persen yang taat kepada anggaran belanja yang dibuatnya. (bener ga sih??)

Trus..gimana sih caranya agar mudah menabung?? Masih menurut orang tersebut ada 10 cara mudah menabung:

1. CATAT KEBIASAAN ANDA DALAM SEBULAN
Sebenarnya menabung itu sangat mudah, selama pengeluaran Anda lebih kecil dari pendapatan. Sebelum itu, Anda harus tahu bagaimana kebiasaan Anda dalam mengeluarkan uang setiap bulannya. Cobalah untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Kemudian tentukan mana yang perlu dikurangi.. 🙂

2. SISIHKAN UANG UNTUK ANDA PRIBADI
Kunci kesuksesan menabung adalah untuk menyisihkan uang di awal, sebelum pembayaran hal-hal lain seperti membayar listrik, air dan cicilan. Tentukan tujuan jangka panjang dan secara reguler tabunglah uang Anda dalam tabungan ataupun investasi.
Karena jika Anda terbiasa untuk berbelanja dan baru berusaha menabung setelah ada sisa uang di akhir bulan, maka umumnya sisa uang yang ada di rekening Anda tidak banyak.

3. TENTUKAN TANGGAL
Jika Anda mendapat gaji bulanan maka tidak akan bermasalah untuk menentukan tanggal untuk menyisihkan dana, tapi bagi Anda yang menerima upah/gaji tiap dua minggu, maka tentukan satu dari dua tanggal tersebut untuk menyisihkan dana yang akan ditabung. Jika Anda wirausahawan, tentukan tanggal di tengah bulan di saat Anda tidak membayar tagihan-tagihan.

4. BAYARLAH UTANG ANDA
Segera melunasi utang adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat Anda dalam menabung. Hal ini disebabkan karena bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan.

5. JAGA TERUS DISIPLIN ANDA
Setelah utang terbayar, maka teruslah sisihkan dana setiap bulannya ke tabungan, bahkan lebih baik lagi jika tersedia penarikan otomatis untuk dimasukkan ke investasi.

6. MOTIVASI DIRI ANDA UNTUK MENCAPAI HASIL YANG BESAR
Tentukan apa yang Anda inginkan dan ketahui berapa jumlah dana yang dibutuhkan, kemudian tentukan cara yang realistis seperti menabung reguler selama enam bulan.

Letakkan gambar yang menunjukkan apa yang Anda impikan di meja kerja, kamar ataupun dompet agar Anda selalu ingat tujuan Anda menabung. Jadi tiap kali ada godaan diskon ataupun Obral Pakaian di mal, Anda tidak mudah tergoda.

7. BUKA REKENING YANG TIDAK BISA ANDA SENTUH
Untuk pembelian dengan jumlah yang lebih besar, menabunglah perlahan dengan memanfaatkan deposito. Rekening ini umumnya memiliki tingkat bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa, dan jangka waktu yang periodenya telah ditentukan. Dengan demikian Anda tidak dapat menyentuhnya saat ada godaan untuk berbelanja, namun tetap dapat dicairkan saat terjadi keadaan darurat.

8. GUNAKAN CELENGAN ATAU TOPLES UNTUK KOIN ANDA
Uang dalam bentuk koin sering dianggap tidak penting, padahal jika dikumpulkan sesuai dengan pepatah “sedikit sedikit lama lama menjadi bukit” Di saat toples atau celengan penuh bisa menambah jumlah tabungan Anda atau dapat digunakan untuk kebutuhan yang lainnya.

9. KANTONGI BONUS & KEJUTAN LAINNYA
Setiap kali Anda menerima bonus atau hadiah dalam bentuk tunai, langsung masukkan ke rekening tabungan. Uang ini bukan bagian dari penghasilan reguler Anda, sehingga jangan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari Anda dan simpanlah. Jika Anda memiliki utang, gunakanlah dana ini untuk melunasi utang Anda.

10. BIASAKAN HIDUP HEMAT
Terdapat banyak cara untuk berhemat tanpa harus menderita. Bawalah makanan dan air minum dari rumah, gunakan transportasi umum, berhenti merokok, berlibur di saat yang tidak padat (low season), manfaatkan diskon agar memperoleh barang yang Anda “butuhkan” dengan lebih murah, dan masih banyak lagi.

Tips PDKT Buat Cowo dan Cewe

https://ichsanfarro.files.wordpress.com/2011/12/pdkt.jpg?w=300
Ini mungkin hanya tips yang sudah pernah kalian coba atau mengalaminya sendiri, tapi kali ini saya hanya mengingatkan pada kalian yang sedang PDKT untuk “Jangan pernah melanggar hal-hal penting dibawah ini agar PDKT kalian bisa berjalan sukses dan mengurangi resiko penolakan cinta kalian”. Langkah yang akan saya tulis berikut ini wajib dipraktekan oleh kalian, baik cowok maupun cewek. Di artikel ini, saya sudah memisahkan panduan Tips untuk cowok dan cewek. Silahkan dicermati
Langkah PDKT sukses buat cowok :
1. Jangan Berlakukan Jam Karet/Telat.
Cewek paling males ama cowok yang suka telat. Ingatlah kalian para cowok, kalo cewek itu mahluk yang paling disiplin ontime.
2. Stop Langgar Janji.
Ini dia yang jangan pernah disinggung. Sekali kalian melanggar janji yang sudah dibuat, itu akan menurunkan citra kalian dimata tuh cewek.
3. Ucapan Yang Lebay, No way.
Apa yang kalian omongkan sewaktu PDKT, pliz biasa aja lagi, jangan lebay. Cewek bete ama cowok yang suka melebih-lebihkan seakan dia hebat. Katakan kalimat yang tidak over-reacted. Gambarkan kalo diri kalian adalah orang yang ga sok kegantengan, orang yang apa adanya.

 

4. Fokuskan Pandangan Mata.
Ketika sedang berbincang, jagalah mata kalian. Jangan suka kiri-kanan,depan-belakang. Apa lagi kalo liat cewek bahenol, bakal ancur PDKT-nya. Fokus pandangan kalian ke mata si Doi (jangan ke yang laen), bikin dia merasa nyaman dengan tatapan kalian
5. Singkirkan Bau Rokok/Asap Rokok.
Bagi kalian para Cowok yang suka nge-rokok, ketika PDKT jangan pernah nge-rokok di depan doi atau usahakan nafas dan tangan kalian tidak beraroma rokok. Cewek paling benci ama cowok nge-rokok.
6. No more Parfum Nyengat.
Jika kalian pikir selama ini kalo PDKT harus mandi parfum biar wangi, kalian salah. Parfum yang nyengat justru bikin cewek jadi eneg. Mereka juga butuh ruang napas. Gunakan parfum yang gentle (lembut). Jangan terlalu banyak, sebenarnya cewek lebih suka mencium aroma tubuh cowok.
7. Berilah perhatian yang cukup.
Perhatian yang diberikan ke doi jangan berlebihan. Lakukan saja yang menurut kalian bisa. Jangan keseringan menanyakan aktifitas mereka sehari-hari.
8. Bertamu sesuai jadwal.
Jika kalian ingin maen ke rumah mereka…Jangan keseringan. Buatlah mereka merasa kangen, merasa seperti ada sesuatu yang hilang. Buatlah jadwal yang tepat untuk berkunjung.
Sedangkan berikut ini adalah Langkah PDKT buat cewek yang lagi dideketin ama cowok impiannya :
1. Gunakan wangi-wangian aroma buah, Jangan Koyo Cabe.
Seorang cowok lebih suka mencium aroma buah daripada parfum mahal. Karena itu usahakan mandi atau luluran yang beraroma buah, selain itu cowok juga suka ama cewek yang pake Baby Oil.
2. Pake Baju Serasi, No Daster Bolong.
Pakailah pakaian yang menurut kalian pantas. Pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuh bukanlah solusi tepat, karena akan membuat cowok tidak bisa berpikir dan bicaranya jadi gugup. Mereka justru akan merasa risih dan takut juga. Gunakan pakaian sederhana tapi berkesan penuh warna (tipi kale yah…)
3. Jangan buang pandangan Mata.
Ketika kalian berbicara dengan cowok, janganlah membuang pandangan mata. Cowok tidak terlalu suka akan hal itu. Kalian harus merespon dengan menatap matanya, karena kesan pertama yang dilihat oleh cowok adalah mata. Buatlah diri kalian nyaman akan tatapan matanya. Dari Mata turun ke hati.
4. Jangan Jaim, pliz deh.
Nah…inilah kebanyakan sikap cewek Indonesia. Rasa Jaim yang besar dengan tradisi kalimat “Masa cewek harus duluan..” itu harus dihilangkan. Usir rasa Jaim kalian, bersikaplah agak cuek tapi tetep memperlihatkan diri kalian yang sebenarnya sebagai sosok yang feminim.
5. Balas perhatian dan usaha mereka
Tiap cowok pasti akan memberi perhatian kepada cewek yang disukainya. Balaslah perhatian mereka, tapi jangan sampai mereka besar kepala. Ketika mengucapkan terima kasih, genggamlah tangannya atas usaha yang mereka lakukan.
6. Tersenyumlah
Perlihatkan wajah bahagia kalian ketika si doi maen ke rumah/kos. Dalam keadaan sedih,nangis atau marah…cobalah berikan senyuman agar mereka tahu kalo datang di saat yang tepat (biar ga merasa diusir).
Itu dia Langkah PDKT Sukses buat cowok dan cewek. Kenapa cowok lebih banyak langkah yang perlu dipertimbangkan?? Karena disini yang menjadi objek yang aktif, sedangkan cewek sebagai perespon. Oleh Karena itu, semua langkah diatas tergantung akan usaha cowok. Tapi semua akan berjalan lancar jika cewek juga ikut membantu meresponnya.