Posted on

Abstraksi Analisa Biaya Pemasaran

ABSTRAKS

 

RUTH DAMAYANTI 21200618

ANALISIS BIAYA PEMASARAN IKAN TERAMBAK AIR LAUT MENURUT DAERAH PEMASARAN PADA UD MUTIARA.

PI. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2004

Kata Kunci : Analisis Biaya Pemasaran Ikan Terambak Air Laut UD MUTIARA, Menurut Daerah Pemasaran.

( x + 36 hal )

Biaya pemasaran mencakup semua biaya yang terjadi sejak produk selesai diproduksi sampai dengan produk diubah kembali dengan bentuk uang. Dengan demikian biaya pemasaran meliputi biaya pergudangan, advertensi, penjualan, pembungkusan dan pengepakan, kredit dan penagihan, dan akuntansi pemasaran. Oleh karena itu, biaya pemasaran perusahaan menjadi bagian penting dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan perusahaan, karena pentingnya biaya pemasaran bagi perusahaan maka penulis membantu perusahaan untuk mengetahui didaerah mana yang hasil penjualannya lebih banyak, untuk mengetahui didaerah mana yang biaya pemasarannya lebih tinggi dan untk mengetahui didaerah mana yang lebih baik dalam meningkatkan laba bersih perusahaan menurut daerah pemasaran.

Atas kesimpulan diatas penulis tergerak untuk melakukan observasi langsung dan untuk mengetahui  analisis biaya pemasaran ikan terambak air laut pada UD MUTIARA yang berlokasi di Jalan Pantura, Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara menurut daerah pemasaran.

Setelah melakukan penelitian dan menganalisanya, penulis menarik kesimpulan bahwa laba yang diperoleh tiap daerah pemasaran adalah Muara Angke sebesar Rp 13.663.414,6 dan Rp 26.690.267,3 untuk daerah Pulau Wisata. Namun, bila dilihat dari potensi biaya pemasarannya dalam meningkatkan laba bersih perusahaan yang diperoleh dengan membagi antara prosentase biaya pemasaran dengan prosentase laba disetiap daerah adalah sebesar 1,4 kali untuk Muara Angke dan 0,8 kali untuk Pulau Wisata. Daerah yang hasil penjualannya lebih banyak adalah daerah Pulau Wisata, biaya pemasarannya lebih tinggi adalah daerah Pulau Wisata dan daerah pulau wisata juga termasuk daerah yang lebih baik dalam meningkatkan laba bersih perusahaan.

(Daftar Pustaka 1990 – 1998)

Sumber :

RUTH DAMAYANTI 21200618

ANALISIS BIAYA PEMASARAN IKAN TERAMBAK AIR LAUT MENURUT DAERAH PEMASARAN PADA UD MUTIARA.

PI. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2004

About Ichsanfarro

Be like a boat that roam the world and explore science

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s