Posted on

Alasan Kenapa Selalu Merasa Lapar

Bingung karena sering merasa lapar meskipun baru saja makan? Jangan dibiarkan, karena bisa menyebabkan obesitas atau timbulnya penyakit lain yang bisa mengganggu sistem dalam tubuh kita.

Untuk menghindarinya, simak tujuh faktor penyebab Anda selalu merasa lapar:

1. Terlalu Banyak Soda
Minuman bersoda ataupun yang berkarbonasi biasanya menggunakan pemanis tambahan yang cukup banyak. Penelitian yang dilakukan di University of California ,San Francisco, menyatakan bahwa kandungan fructosa (pemanis dalam soda) justru memicu otak untuk selalu memikirkan makanan walaupun kondisi perut masihlah kenyang.

2. Sediakan Waktu Minum teh
Orang yang meminum secangkir teh hitam setelah makan makanan yang tinggi karbohidrat, akan menurunkan level gula darah hingga 10%. Hal ini berdasarkan studi the Journal of the American College of Nutrition. Kegiatan minum teh ini sebaiknya dilakukan dua jam setelah Anda makan. Ini membuat Anda merasakan kenyang lebih lama dibandingkan jika tidak minum teh. Dengan catatan, teh disajikan tanpa gula.

3. Bosan
Anda selalu merasa tak puas dan tidak pernah merasa kenyang meskipun sudah makan. Anda akan merasakan lapar ketika melihat jenis makanan lain yang ada di hadapan Anda. Rasa bosan ini juga bisa menjadi penyebabnya.

4. Makanan Kaleng
Makanan kaleng kerap jadi solusi praktis untuk Anda yang sibuk dan tak ada waktu banyak untuk memasak. Namun di dalam makanan kaleng banyak mengandung chemical bisphenol-A, atau yang biasa disebut BPA. Menurut studi di Harvard University, kandungan bahan kimia itu bisa mengakibatkan Anda mudah sekali lapar.

5. Tidak Sarapan
Banyak orang meninggalkan sarapan karena malas, atau takut gendut karena harus sarapan. Padahal, sarapan justru mencegah Anda merasa lapar di jam-jam yang tidak seharusnya. Dan pastinya menjadi sumber energi untuk Anda bisa beraktivitas seharian.

6. Tidak cukup Cairan
Dehidrasi juga sering menjadi penyebab seseorang merasa lapar lebih sering tanpa disadari. Jika Anda merasakan lapar setelah makan, minumlah segelas air sebelum Anda memutuskan untuk makan lagi.

7. Kurang Sayur
Jika Anda kekurangan sayur, dapat dipastikan Anda akan merasa lapar lebih sering. Itu dikarenakan beberapa sayuran hijau juga mengandung vitamin K, nutrisi penghasil insulin yang bisa mengurangi perasaan lapar. Selain itu, sayuran hijau banyak sekali mengandung vitamin B yang bisa membantu pencernaan bekerja lebih baik.

Jadi, mulai perhatikan pola makan Anda termasuk menu yang disantap, agar tidak terjebak oleh nafsu makan yang bisa membahayakan tubuh.

About Ichsanfarro

Be like a boat that roam the world and explore science

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s